Jumat, 03 Juni 2011

Tradisi karnaval desa Tulehu

gw akan nulis tentang tradisi desa Tulehu neh
................................
WARGA Negeri Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah
selalu melaksanakan tradisi karnaval setiap merayakan Hari Idul Adha.
katanya sih neh tradisi udah ada sejak 1600 masehi bro, namun katanya pada saat itu hanya terbatas pada prosesi pengkaulan hewan kurban, Abda’u dan Hadrat
biasanya carnaval dimulai dari pukul 15:00 sampai dengan selesai (biasanya sih jam 18:00 gitu???)
selain abdau ada juga tarian patimura, bambu gila, dabus dan lain2
  • ABDAU














abdau neh..!!

tradisi Abda’u sebenarnya berasal dari kata Abada ibadah yang bermakna pengabdian seorang hamba kepada sang Khaliq-Nya (Pencipta).

Tosi/tausi (lirik lagu) yang lengkapnya adalah ‘Abda’u Bissmillahiwarahmaani Wabirrahiimi Daimil Ihsaani’ yang artinya ‘Sesungguhnya Sesuatu Pekerjaan (ibadah) itu diawali dengan menyebutkan nama Tuhan Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, Kebaikan selalu tercurah kepada hamba-Nya yang mengabdi.

Atraksi dinamis yang dilakoni ratusan pemuda yang saling berdesak-desakan merebut bendera untuk diangkat setinggi-tingginya merupakan refleksi pengakuan kehambaan yang tulus dalam menerima Islam sebagai agama langit yang dibawah oleh Nabi Muhammad SAW untuk tetap lestari di bumi Haturessy.

Para pemuda tersebut saling berdesak-desakan bahkan ada juga melompat daru atas rumah ke tengah-tengah kerumunan pemuda lainnya, kendati demikian ternyata mereka tidak merasakan sakit.

  gue udah pernah ikud loh :D




















     
     
     































  • bambu gila
bambu gila adalah sebuah permainan dengan menggunakan sebatang bambu yang telah dimasukan roh2 gitu  dan dikontrol oleh seorang pawang
jadi katanya sih dia bisa gerak2 sendiri gitu..













  • dabus
dabus ialah seni kekebalan tubuh yang bersumber dari al-qur'an dan ilmu2 dalam islam dimana memperagakan tentang kekuatan tubuh yang tidak mempan di tusuk semacam benda tajam gitu bro (brani ga lu .....)














nah selain di atas ada juga tarian patimura, tarian tentenu banda, tarian kurbane , tulehu tempoe doloe, dan masih banyak lagi,...













 patimura tuh.

jadi jika mas bro dan mba bro beminat silahkan datang saja ke Tulehu pada saat hari raya idul adha...
Insya ALLAH pasti ada...

1 komentar:

  1. wah saya merasa malu karena dari lahir tsampai sekarang blm prnah pulang ke tulehu, dan menetap di jakarta ..

    M.agung Lestaluhu

    BalasHapus